Tugas Leader dan Sweeper Pendaki Gunung


Dalam pendakian akan lebih baik jika dalam satu tim ada yang menjadi Leader atau pemimpin, dan harus juga ada yang menjadi sweeper. Keduanya memiliki fungsi dan tugas yang beda. Sebenarnya dalam satu tim, seacara gak sadar diantara tim kalian sudah yang menjadi Leader dan Sweeper. Agar lebih jelasnya seperti ini.

Leader dalam pendakian adalah orang yang memimpin jalannya pendakian tersebut, orang ini berfungsi dalam memberikan semangat kepada rekan satu timnya jika ada yang kecapean atau sudah tidak semangat. Leader disini juga gak melulu menyuruh dan menyuruh saja, namun selain memberikan arahan juga ikut turun tangan dalam reka timnya.

Misal, saat sampai pos untuk bermalam, leader ini bisa membagikan beberapa orang untuk mendirikan tenda, dan beberapa orang untuk memasak air panas, atau menyiapkan makanan untuk dimakan pada saat itu.

Lain leader lain pula sweeper, seweeper biasanya orang yang selalu ada berjalan dibelakang. Sweeper ini mengcontrol rekan satu timnya dari belakang. Selain mengcontrol, sweeper juga harus jeli dalam perlengakapan dalam pendakian. Misal harus teliti dengan perlengkapan pendakian yang dibawa, apa saja yang dibawa.

Jika Sweeper ini bertugas dengan baik, maka tidak akan ada pendaki yang hilang. Karena itu tadi, Sweeper ini bertugas mengcontrol rekan satu timnya dari belakang.

Jadi sobat Indonesia Caricature, selain harus adanya leader dan Sweeper dalam satu tim pendakian. Kekompakan tim adalah satu hal yang paling subtansi, artinya kekompakan tim dari Leader, Sweeper, dan Anggota harus kompak dan saling melindungi. Dalam pendakian tujuan utama adalah bukan puncak, melainkan bisa turun lagi kebawah dengan keadaan selamat, sehat, dan walafiat.  

No comments:

Powered by Blogger.