Jalur Pendakian Gunung Lawu



Gunung lawu adalah gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah (karanganyar) dan Jawa Timur (Kab. Ngawi dan Kab. Magetan), gunung lawu memiliki puncak dengan ketinggian 3265 mdpl. Gunung lawu diperkirakan terakhir meletus sekitar tahun 1885, dapat dipastikan saya dan agan belum lahir kan ?

Kalau bicara status, status gunung lawu sudah tidak aktif. Bukan status jomblo ya. Dapat ditemukan kepundan kecil pada lereng gunung Lawu berupa uap air dan belerang. Diharapkan para agan tercinta tetap berhati-hati jika agan melewati kawasan kapundan ini.

Gunung lawu juga memiliki 3 puncak, seperti gunung Merbabu memiliki tiga puncak. Puncak dari Gunung Lawu diantaranya ada puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah. Untuk dari ketiga puncak tadi, Hargo Dumilah adalah puncak tertinggi dari gunung Lawu. Tapi agan disarankan untuk mencoba ketiga dari puncak gunung ini, selain agan punya banyak cerita, agan juga banyak pengalaman.

Gunung lawu termasuk gunung yang digemari oleh para pendaki lokal maupun internasional. Setiap tanggal 1 syuro terdapat suatu acara ziarah, dan banyak juga orang berbondong-bondong untuk ikut berziarah.

Banyak orang yang meyakini arti dari gunung lawu adalah gunung yang pertama kali berdiri. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang mendaki gunung ini sekaligus melakukan kegiatan spiritual, bahkan dikabarkan ada yang melakukan pesugihan. Saran saya agan jangan ikutan yang pesugihan ya.

Kalau agan mencoba untuk mendaki gunung ini, tak lengkap rasanya jika agan tidak berkunjung di warung “mbok iyem”, kalau kata saya sih warung mbok iyem adalah warunya para pendaki di gunung Lawu. Selain agan bisa tidur gratis di warung ini, agan bisa mencicipi hangatnya gorengan dan mantapnya seduhan kopi dari mbok iyem.

Saya rekomendasikan untuk bermalam di mbok iyem, kalau di mbok iyem ramai karena banyaknya pendaki, mungkin lebih baik pasang tenda di sekitar mbok iyem. Jadi ketika perbekalan agan habis, atau butuh logistik yang kurang bisa langsung menuju warung mbok iyem.

Untuk menuju Gunung Lawu terdapat 3 jalur, pertama jalur candi ceto, jedua jalur cemoro kandang, dan ketiga jalur cemoro sewu.

Disini saya akan menjelaskan pendakian melalui jalur cemoro kandang dan cemoro sewu saja, karena kedua jalur itu adalah jalur yang paling ramai dikunjungi oleh para pendaki.

Jika agan melawati jalur cemoro kandang akan lebih landai ketimbang jalur cemoro sewu, tapi jarak tempuh di cemoro kandang lebih jauh. Kedua jalur ini baik cemoro kandang maupun cemoro sewu memiliki 5 pos. Terserah agan pilih yang mana. Kalau saran saya, saat naik pebih baik pilih jalur cemoro kandang, dan saat turun pilih jalur cemoro sewu. alasannya apa ? karena cemoro semu jalurnya sudah seperti tangga, akan cepat habis tenaga agan kalau lewat jalur ini. Dan jalur cemoro kandang lebih landai.

Peta Pendakian Gunung Lawu
Demikian informasi sedikit yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.









  


No comments:

Powered by Blogger.