Tipe-tipe pendaki di Indonesia


Manusia yang terlahir di Bumi pasti memeliki watak dan sifat yang berbeda, begitu pula berlaku juga untuk para pendaki gunung, kalau boleh saya katakan, ternyata ada banyak tipe-tipe dari pendaki gunung, dari yang pendaki Naisonalis sampai pendaki alayisme.

1. Pendaki Newbie
Semua orang pasti pernah mengalami pendaki newbie, newbie disini adalah pendaki yang baru mendaki sebuah gunung. Bisa dikatakan masih nol pengalaman diatas gunung. Biasanya kalau pendaki newbie itu sering googling, ya tentunya googling cari informasi tentang dunia pendakian. Parahnya kalau pinjem barang, kalau pinjem barang gak tanggung-tanggung. Dari ujung rambut sampai ujung kaki. Hehehe.

Kalau pendaki newbie biasanya patuh dengan himbauan senior. Dan uniknya sebelum mendaki dapat dipastikan banyak olahraga, katanya untuk pemanasan, tapi sama aja, baru berapa menit olahraga sudah istirahat terus. Kalau agan inget masa-masa itu agan bakal ketawa juga, begitu pula dengan saya. Hehehe.

2. Pendaki Senior
Pendaki senior adalah pendaki yang sangat dihormati oleh pendaki newbie. Untuk pengalaman sudah tidak diragukan lagi, akhirnya banyak dari pendaki yang sering kepo untuk pengalamannya selama mendaki. Pendaki senior juga termasuk pendaki yang sibuk, disamping sibuk mencari perlengkapan untuk anggotanya yang belum lengkap, pendaki senior juga selalu memikirkan dari hal yang terburuk sampai terbaik. Semangat buat agan yang sudah menjadi pendaki senior.

3. Pendaki Sejati
Pendaki sejati adalah termasuk pendaki senior, bedanya pendaki sejati lebih ke low profile. Jarang pasang foto atau pamer foto di sosial media. Pertama kali agan bertemu pendaki ini bakal tidak tahu sejauh mana langkah kaki yang sudah dijalankan. Walaupun kurang populer, tapi tersimpan segudang pengalaman, teknik survival, pemahaman tentang alam, dan dia adalah wajah sesungguhnya untuk para pecinta alam.

4. Pendaki Religius
Pendaki religius adalah pendaki yang sangat taat dengan tuhanya, terutama yang beragama muslim tidak pernah meninggalkan solat lima waktunya. Seberapa sulit apapun medan pendakian, tipe pendaki ini selalu menjalankan ibadahnya untuk sang pencipta.

5. Pendaki Keibuan
Dari banyaknya tipe pendaki, pendaki keibuan harus dimiliki oleh setiap tim. Pendaki keibuan adalah teman setia saat dijalur pendakian. Sikapnya penuh dengan kasih sayang, pendaki keibuan adalah tempat yang cocok untuk bersandar kelelahanmu. Tidak peduli lelaki atau wanita, pendaki keibuan akan menolong setiap waktu. Dapat dipastikan pendaki keibuan sangat jago memasak, apalagi saat kondisi sedang lelah, jika pendaki keibuan ini sudah memasak masakan andalannya, kalian bakal hilang rasa lelahnya.

6. Pendaki Cantik
Cantik adalah anugrah tuhan yang harus kita syukuri, dan tipe pendaki cantik biasanya sering menjadi buah bibir para pendaki lelaki. Apalagi lelakinya jomblo, hehehe. Tapi ingat, pendaki cantik tidak harus memiliki paras muka yang syahdu, tapi hatinya juga harus syahdu dan baik. Tidak pilih untuk berteman dengan siapapun. Dan tipe pendaki ini harus memegang kode etik pendakian, agar menguranginya vandalisme para pendaki di Indonesia.

7. Pendaki Doraemon
Kalau kita dengar kata Doraemon pasti yang terbayangkan dibenak kita adalah kantong ajaibnya. Kalau untuk pendaki, berarti pendaki doraemon adalah yang banyak barang bawaannya. Apa yang ga perlu dibawa selalu dibawa untuk mendaki. Misal saat celananya sobek dia bawa jarum jahit. Saat kukunya panjang dia bawa gunting kuku.

8. Pendaki Kaki Besi
Pendaki kaki besi adalah pendaki yang memiliki fisik diatas rata-rata, bayangkan bawa carrier segitu gedenya dia tidak merasakan kecapean. Uniknya tipe pendaki ini mempunyai semangat yang besar, ada temannya lagi kecapean malah ingin cepet-cepet sampai puncak. Duh kak jangan ninggalin temen sendiri dong, hehehe.

9. Pendaki Nasionalis
NKRI adalah mati, ideologi pancasila tidak bisa digantikan, begitu kira-kira semangat dari tipe pendaki Nasionalis. Tipe pendaki ini tak pernah lupa bawa Negaranya Merah dan Putih selalu menjadi teman setia untuk foto ketika sampai puncak. Kalau mimin dulu tipe pendaki ini, selalu bawa kemana-mana bendera Merah Putih untuk foto di puncak.

10. Pendaki Fotografer
Pendaki fotografer adalah tipe pendaki yang banyak diminati oleh banyak orang, pendaki bertipe ini selalu mengabadika di setiap momentnya. Dan parahnya banyak juga dari temannya sendiri yang ingin di foto.

11. Pendaki Model
Pendaki model adalah objek dari pendaki fotografer, “tolong fotoin aku dong” itu lah ucapan yang sering diucapkan. Biasanya tipe pendaki ini adalah tipe pendaki yang suka menuhin memory kamera, jadinnya temen sendiri gak kebagian di foto. Bagaimana tidak, ketemu awan minta difoto, ketemu tanjakan minta di foto, apalagi kalau dipuncak gunung, bisa dipastikan setengah memorinya foto dia sendiri, Duh duh duh, hehehhe.

12. Pendaki Melankolis
Guna pergi mendaki adalah untuk cari refresing, cari hiburan, dan mencari kesenangan. Tapi tidak untuk tipe pendaki ini, baginya mendaki adalah cara untuk pergi dari dunia nyata yang menurut dia dunia nyata ini begitu menyebalkan. Hehehe. Biasanya tipe pendaki ini suka curhat, cerita masalah mantan atau pacar. Lucunya yang lain sudah pada tidur, tipe pendaki ini sedang curhat dengan rumput yang bergoyang. Hehehee.

13. Pendaki 5cm
Mungkin ini bisa dianggap pendaki yang abis nonton film 5cm terus langsung mendaki gunung Semeru, padalah masih dikatakan pendaki newbie. Tidak ambil pusing, membawa perbekalan seadanya, pengalaman seadanya, dengan celana jeans favoritnya, biar kaya di tipi-tipi katanya. Hehee.

Sebenarnya film 5cm bagus, membakar semangat para pendaki agar kita tidak mengenal lelah saat mendaki gunung. Kerjasama tim juga nomer satu. Tapi sebagaian mereka yang melihat sisi gelapnya saja dari film 5cm.

14. Pendaki Alayisme
Sebenarnya pendaki alayisme saya ibaratkan seperti pendaki vandalisme, bagaimana tidakm wong lingkungan sekitar sama pendaki ini dicoret-coret, ada pohon ditulisin, ada batu ditulisin, pendaki tipe ini beranggapan biar mereka terkenal. Iya terkenal, terkenal nama buruknya. Jangan sekali-kali jadi tipe pendaki seperti ya bro.

15. Pendaki Mandor
Namanya mendaki adalah kerjasama tim, kerjasama kelompok, bukan kerja individu. Negara kita juga mengajarkan kita untuk gotong-royong, tapi isitilah gotong royong tidak berlaku oleh tipe pendaki seperti ini. Kerjanya hanya nyuruh-nyuruh, saat timnya sedang sibuk mendirikan tenda atau memasak malah dirinya cuman nyuruh orang lain, seolah-olah dia yang paling berpengalaman. Harusnya yang paling berpengalaman itu mengayomi dong, bukan seenaknya nyuruh aja.


Demikianlah tipe-tipe pendaki menurut INDONESIA CARICATURE, kalian termasuk tipe pendaki yang mana ? saran dari penulis yang terpenting dalam mendaki gunung bukan puncak ya bro, tapi keselamatan tim, puncak bisa lain waktu, kalau keselamatan tidak bisa ditunda-tunda. Tetap menjadi Pendaki yang bermanfaat untuk Indonesia ya. 




No comments:

Powered by Blogger.