Tetap fokus saat Summit Attack di Semeru




Mahameru oh Mahameru, Kata orang Mahameru adalah puncaknya para Dewa, dan saya sepakat mengenai hal itu. Semeru adalah Gunung tertinggi Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl, dan Mahameru adalah nama puncaknya. Banyak orang sering salah mengenai ini, tapi gak apalah. Manusia kan tempatnya salah dan lupa. Semoga yang membaca artikel ini akan menjadi tahu.

Kali mati adalah camp terakhir di Semeru, sangat berbahaya jika kita camp diatas kali mati. Maka saya sarankan jika agan mau summit attack di Gunung ini, kali mati adalah camp terkahir. Sebenarnya untuk summit attack udah ga boleh sih, karena sudah banyak memakan korban. Tapi itulah Indonesia, terlahir sebagai jiwa pejuang, dan ingin rasanya ngibarin Bendera Merah Putih di atap tertinggi Jawa.

Saya tidak membahas, Gunung Semeru secara keseluruhan. Disini saya hanya membahas terkait "fokus", ya fokus yang saya maksudkan adalah jika kalian ingin muncak atau bahasa kerennya summit attack ke Mahameru, perlunya daya fokus yang tinggi. Jika kalian tidak fokus, disamping anda bisa kesasar dan anda bisa terkena bebatuan.

Untuk muncak ke Mahameru bisa dikatakan memiliki medannya yang cukup sulit, terjal, banyak pasir. Maka anda harus fokus, apalagi muncak di Semeru tidak disarankan untuk pagi atau siang hari. Konon Jam 10 pagi kita harus sudah turunm karena ada gas belerang yang beracun. Maka sangat dianjurkan untuk muncak di malam hari, atau dini hari, kalau saya dulu sekitar jam 1 dini hari, dan sampai muncak jam 6 pagi.

Saat saya summit attack di Gunung ini tidaklah mudah, malam-malam yang diselimuti dinginya udara dan derasnya angin membuat saya dan seluruh pendaki lain kedinginan. Maka anda perlu menggunakan pakaian yang cukup tebal, jaket tebal juga. Dan jangan sampai istirahat dengan posisi tiduran di area trek summit attack. karena banyak bebatuan yang jatuh, jangan sampai anda saat istirahat dengan "gelelengan" di tengah-tengah trek, tapi anda tidak melihat kondisi atas.

Sebenarnya boleh anda tiduran untuk rehat sejenak, tapi perlu berhati-hati, karena banyak batuan yang jatuh. Kalo saran saya jika ingin rehat, agak minggir sedikit. Disamping anda tidak mengganggu jalur pendaki lain, anda tidak sedang terancam bahaya.

Jika anda sudah sampai diatas puncak, jangan lupa jam 10 pagi adalah jam terakhir anda diatas. karena Gas belerang disini cukup berbahaya, maka disarankan anda bergegas turun.

Jika agan summit attack dengan tim agan, jangan sampai terpisah dari tim agan. Sebisa mungkin tetap bersama dengan tim agan, itu untuk mengurangi resiko kesasar dan terjatuh di jalur blank 75 Semeru atau ZONA TENGKORAK.



Jangan lupa anda tetap berdoa untuk meminta keselamatan, kira-kira seperti itu. 😉




No comments:

Powered by Blogger.