Gunung Merbabu adalah gunung tercantik di Jawa Tengah


Bagi saya gunung Merbabu adalah gunung tercantik di jawa tengah, walaupun sebagaian orang punya pendapat dengan saya. Mungkin ada yang bilang lawu, atau Sindoro, itu kan bagi mereka, kalo saya pribadi merbabu adalah surganya gunung di daerah Jawa Tengah.
Gunung merbabu memiliki 5 jalur pendakian, diantaranya :

·         Jalur Selo terletak di Boyolali
·         Jalur Tekelan terletak di Kopeng, Salatiga
·         Jalur suwanting terletak di Magelang
·         Jalur Wekas terletak di Magelang
·         Jalur Chuntel terletak di Magelang

Memang cukup banyak jalur pendakian untuk menuju gunung merbabu, apakah kalian bertanya mana yang bisa menjadi rekomendasi jalur di Merbabu ? jalur Selo lah jawabannya.

Dari kelima jalur gunung Merbabu hanya jalur selo lah yang menjadi favorit para pendaki, walaupun terkesan jalur ini cukup jauh tapi jalur ini bisa menikmati kenikmatan alam yang ada. Kalau lewat jalur selo dipastikan agan akan ketemu dengan sabana satu, itu yang menjadi alasan saya kenapa gunung merbabu adalah gunung tercantik di Jawa Tengah.

Menuju basecamp Selo juga cukup gampang, kita bisa jangkau dari Magelang atau Boyolali, kalau agan menggunakan transportasi umum agan bisa turun di pasar Selo, di pasar selo agan akan kesulitan untuk menemukan kendaraan umum, bahkan tidak ada kendaraan umum untuk menuju basecamp selo. Tenang, ada abang Ojek warga sekitar yang siap mengantar ke basecamp jalur Selo. Sekalgi lagi Ojek warga sekitar ya, bukan abang Gojek atau abang Grab, heee.

Gimana kalau pakai kendaraan pribadi ?

Kalau agan menggunakan kendaraan pribadi adalah jawaban terbaik, kok bisa ? ya selain menghemat biaya, agan tak perlu repor-repot cari kendaraan umum atau abang gojek. Pengecualian untuk yang jaraknya cukup jauh, mungkin kendaraan umum adalah solusinya.

Jika agan menggunakan transportasi motor adalah langkah terbaik, ketimbang agan menggunakan mobil. Ya walaupun bisa saja dilalui pakai mobil, tapi sama aja sulit, soalnya untuk menuju basecamp Merbabu jalannya sangat sempit, jadi agan akan kesulitan jika pakai mobil.

Jika agan kesulitan untuk menuju basecamp Selo, disarankan jangan sok langsung ambil jalur, mungkin agan bisa tanya terlebih dulu kepada warga sekitar. Memang kalau kita memilih jalur pendakian lewat selo jalan menuju basecamp agak sulit, uniknya masih saja banyak para pendaki yang menggunakan jalur ini. Itu kenapa jalur selo selalu menjadi jalurnya para pendaki di gunung merbabu.


Untuk gunung merbabu memiliki tiga puncak, pertama ada puncak kenteng songo (3.142 mdpl), puncak Triangulasi (3.142 mdpl) dan puncak Syarif (3.119 mdpl). Dari ketiga puncak itu, banyak pendaki yang memilih puncak kenteng songo, mungkin karena spot untuk foto bagus, atau spot dari kenteng songo berada di belakang gunung merapi. Tapi tidak ada salahnya agan untuk mencoba ketiga puncak tadi, udah jauh-jauh ke merbabu kan sekalian, lalu agar agan juga punya banyak cerita.

No comments:

Powered by Blogger.